Menu Close

Apakah Seks Saat Haid Mengandung Manfaat Bagi Wanita?

Apakah Seks Saat Haid Mengandung Manfaat Bagi Wanita?

Hingga saat ini masih banyak pertanyaan yang muncul ketika membahas seks saat haid. Berbagai pendapat muncul mengenai aktivitas seks yang satu ini.  Apakah kegiatan seks saat haid boleh dilakukan? Adakah resiko yang muncul ketika berhubungan seks saat haid? 

Beberapa pasangan mungkin enggan melakukan aktivitas seks saat sedang haid. Aktifitas ini cenderung berantakan dan cukup menjijikan bagi beberapa pasangan. Wajar bila beberapa pasangan memikirkan hal tersebut, karena saat haid wanita mengeluarkan darah kotor dari dalam organ kewanitaannya.

Nyatanya, seks saat haid boleh dilakukan dan memiliki beberapa manfaat bagi wanita. Diantaranya adalah:

1. Mengurangi rasa kram saat menstruasi

Kram perut yang dirasakan oleh wanita saat menstruasi dipercaya dapat sedikit dihilangkan oleh aktivitas seks.

Ini dihasilkan oleh organisme yang terjadi saat melakukan hubungan seks sehingga dapat meredakan kram dan nyeri perut pada saat wanita menstruasi. 

2. Masa haid menjadi lebih pendek

seks saat haid dipercaya dapat membuat masa haid menjadi lebih pendek. Hal ini bisa terjadi akibat kontraksi otot rahim ketika melakukan hubungan seks yang membuat darah keluar lebih cepat sehingga memungkinkan  masa haid menjadi lebih pendek dari seharusnya.

3. Mengurangi stress

Saat wanita dalam masa haid, tak jarang wanita mengalami perubahan mood dalam dirinya. Sakit yang dirasakan wanita saat mens seperti kram dan nyeri perut, pusing, hingga mual membuat wanita menjadi jauh lebih sensitif sehingga dapat menimbulkan stress jangka pendek.

Aktivitas seks saat haid dengan pasangan dipercaya bisa sedikit membantu wanita untuk mengurangi stressnya. seks juga dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang mampu membuat wanita merasa lebih baik.

4. Memberikan kepuasan

Perubahan hormon umumnya terjadi pada wanita saat sedang menstruasi. Hal ini bisa mengakibat gairah seks yang tinggi pada wanita.

Inilah alasan mengapa berhubungan seks saat menstruasi dapat memuaskan pasangan karena pada masa ini wanita cenderung lebih bergairah.

5. Meredakan sakit kepala

Banyak wanita yang mengalami pusing atau migrain ketika menstruasi datang. Keluhan tersebut dipercaya dapat diredam oleh aktivitas seks. Beberapa wanita juga menyebut bahwa ketika melakukan berhubungan seksual saat datang bulan sakit kepala mereka bisa sedikit terobati.

Bila Anda ingin melakukan hubungan seks saat pasangan ketika sedang menstruasi, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan:

  • Penting untuk berkomunikasi terlebih dahulu pada pasangan

Komunikasikan dengan pasangan apakah memang benar-benar ingin melakukan aktifitas seks. Pasalnya, seks saat menstruasi cenderung berantakan akibat adanya darah yang terus keluar dari organ kewanitaan. Jika pasangan merasa tidak nyaman akan hal ini sebaiknya dihindari.

  • Berikan lapisan kain diatas tempat tidur Anda

Ini dilakukan untuk menghindari noda yang kemungkinan akan mengenai kasur Anda dan pasangan.

  • Lebih baik jika melakukannya saat haid sudah tidak terlalu banyak

Saat haid baru memasuki hari pertama atau kedua, biasanya darah keluar dengan sangat banyak. Lebih baik melakukannya setelah melewati masa haid tersebut. Ini dipercaya akan membuat seks menjadi lebih nyaman karena darah tidak terlalu banyak dan tidak mengalir dengan deras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *