Menu Close

Rangkaian Tes HIV di Prodia Banjarmasin

Penulis: Agnes Sarila Wiridhani

Klinik Prodia Banjarmasin merupakan salah satu cabang klinik laboratorium Prodia yang tersebar di seluruh Indonesia. Menyediakan layanan terbaik, Prodia menjamin layanan kesehatan untuk masyarakat. Bagi Anda yang ingin melakukan tes kesehatan dan tinggal di daerah sekitar Banjarmasin dapat menghubungi Prodia Banjarmasin. Salah satu layanan kesehatan yang tersedia di Prodia Banjarmasin adalah tes HIV.

Apa Itu HIV?

Human Immunodeficiency Virus atau lebih dikenal dengan HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika tidak diobati, virus HIV dapat berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Beberapa gejala yang disebabkan infeksi virus ini seperti flu yang berlangsung 2 sampai 4 minggu. Gejala yang dirasakan antara lain: 

  • Demam
  • Panas dingin
  • Ruam
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Ulkus mulut.

Namun, tidak semua orang mengalami gejala tersebut. Beberapa orang bahkan tidak merasakan sakit selama infeksi HIV. Oleh karena itu, untuk mengetahui dengan pasti Anda perlu melakukan tes kesehatan di laboratorium. 

Layanan Tes HIV di Prodia Banjarmasin

Untuk mengetahui infeksi virus HIV, Anda dapat melakukan serangkaian tes kesehatan khusus HIV. Di Prodia Banjarmasin tersedia tes ANTI-HIV dengan 3 Metode. Tes HIV ini dilakukan untuk mendeteksi antibodi HIV dalam darah yang diproduksi tubuh Anda. Antibodi merupakan respons tubuh terhadap infeksi virus HIV. 

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Prodia Banjarmasin menggabungkan tiga metode. Serangkaian pemeriksaan yang dilakukan bermanfaat untuk:

  1. Mendeteksi keberadaan virus atau antibodi HIV. Apabila ditemukan antibodi artinya Anda telah terinfeksi HIV atau disebut antibodi HIV positif.
  2. Skrining darah atau organ c untuk membantu diagnosis infeksi HIV pada individu.
  3. Melaksanakan surveilans atau penelitian

Adapun tiga metode yang digunakan untuk melakukan tes HIV yaitu:

  1. NATs guna mencari virus dalam darah, khususnya bagi pasien dengan gejala awal infeksi HIV. NAT dapat mendeteksi infeksi HIV 10 hingga 33 hari setelah infeksi.
  2. Tes antigen-antibodi (Ab-Ag) dengan tujuan untuk menemukan protein p24 yang terbentuk oleh sistem kekebalan tubuh Anda ketika terpapar virus seperti HIV. Jika hasil tes antigen-antibodi ini menunjukkan hasil yang positif, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan serangkaian pemeriksaan lanjutan, yaitu tes Western blot.
  3. Tes antibodi yang bertujuan untuk menemukan antibodi yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh sebagai respon terhadap virus. Antibodi ini berupa protein yang dapat ditemukan dalam urin, air liur, dan darah.

Manfaat Tes HIV

Tes HIV sangat penting untuk mencegah dan memperlambat penyebaran infeksi HIV. Banyak orang tidak menyadari jika sudah terinfeksi HIV, sehingga tidak mengambil tindakan pencegahan untuk maupun pengobatan yang efektif.

Tes HIV juga sangat penting bagi wanita hamil karena dapat ke bayi mereka selama kehamilan, persalinan, atau menyusui. Diagnosis ini berguna untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dengan kondisi Anda guna menunda perkembangan HIV menjadi AIDS.

Jam Operasional Prodia Banjarmasin

Hari: Senin – Jumat 07:00 – 18:00

Sabtu – Minggu 07:00 – 14:00

Alamat Prodia Banjarmasin

Jln. Jendral. Achmad Yani KM 3.5 No. 131-133, Kebun Bunga, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kode Pos 70235.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *