Menu Close

Khasiat Gentalex Krim untuk Atasi Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah suatu penyakit kulit yang menimbulkan ruam gatal dengan sisik bersisik. Dermatitis seboroik dapat menyebabkan kemerahan pada kulit yang terang dan menimbulkan bercak terang pada kulit yang lebih gelap. Dermatitis seboroik kerap disebut sebagai ketombe, cradle cap, seborrhea, eksim seboroik, dan psoriasis seboroik. Salah satu cara untuk mengatasi dermatitis seboroik adalah dengan menggunakan Gentalex Krim yang dapat mengobati penyakit kulit tersebut.

Penyebab Dermatitis Seboroik

Para peneliti hingga kini masih tidak yakin penyebab pasti yang dapat menimbulkan seseorang mengalami dermatitis seboroik. Para peneliti masih beranggapan bahwa dermatitis seboroik dapat terjadi karena berbagai penyebab. Faktor-faktor yang dianggap berperan dalam timbulnya dermatitis seboroik meliputi:

  • Gangguan karena ragi yang disebut Malassezia, yang terdapat pada kulit setiap orang, tetapi tumbuh berlebihan pada beberapa orang.
  • Peningkatan kadar hormon androgen.
  • Peningkatan kadar lipid pada kulit.
  • Reaksi inflamasi.
  • Riwayat keluarga.

Faktor lain yang memicu atau memperburuk dermatitis seboroik meliputi:

  • Stres
  • Iklim dingin dan kering.
  • Kulit berminyak.
  • Menggunakan lotion yang berbahan dasar alkohol.
  • Riwayat gangguan kulit lainnya, termasuk rosacea, psoriasis dan jerawat.

Dermatitis seboroik mungkin terlihat mirip dengan psoriasis, eksim, atau reaksi alergi . Dermatitis seboroik biasanya terjadi di kulit kepala, tetapi juga bisa tetap tumbuh di mana saja di tubuh.

Pengobatan Dermatitis Seboroik

Pada remaja dan orang dewasa, dermatitis seboroik biasanya tidak hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Oleh karena itu, jenis perawatan dan pengobatan tergantung pada area tubuh yang terkena dan seberapa parah kondisi dermatitis seboroik yang dialami.

Tujuan pengobatan dermatitis seboroik adalah untuk mengurangi tanda-tanda yang terlihat dari dermatitis seboroik dan mencegah gatal-gatal dan kemerahan. Pengobatan yang dilakukan termasuk penggunaan obat bebas dan produk resep. Produk resep termasuk antijamur topikal, inhibitor kalsineurin dan kortikosteroid seperti Gentalex Krim. Pengobatan lanjutan juga sering dibutuhkan. Penderita dermatitis seboroik mungkin perlu menggunakan kombinasi perawatan seperti berikut ini.

Perawatan untuk dermatitis seboroik pada wajah dan tubuh termasuk antijamur topikal, kortikosteroid, dan inhibitor kalsineurin. Antijamur topikal termasuk ciclopirox, ketoconazole atau sertaconazole. Obat-obatan tersebut biasanya tersedia dalam krim, busa atau gel, digunakan dengan cara dioleskan ke area yang terkena dua kali sehari hingga delapan minggu dan sesuai kebutuhan.

Kortikosteroid topikal untuk pengobatan dermatitis atopik termasuk betametason valerat, desonida, fluosinolon atau hidrokortison. Produk-produk ini tersedia dalam bentuk krim, losion, busa, gel, salep, minyak atau larutan. Obat-obatan tersebut bisa digunakan sekali atau dua kali sehari. Dokter mungkin juga akan meresepkan produk tersebut jika produk antijamur tidak berhasil dalam membersihkan dermatitis seboroik atau untuk mengobati flare-up. 

Anda dapat menggunakan salep yang mengandung kortikosteroid seperti Gentalex Krim untuk mengatasi dermatitis seboroik. Akan tetapi, Gentalex Krim merupakan obat keras, sehingga penggunaannya harus menggunakan resep dari dokter.

Gentalex Krim mengandung gentamisin sulfat, yang dipercaya dapat mengatasi:

  • Gatal dan kemerahan karena ruam pada kulit atau dermatitis atopik
  • Kulit yang bersisik, kering, dan mengelupas, atau dermatitis seboroik
  • Bercak kulit yang terasa gatal atau neurodermatitis lokalisata
  • Rasa gatal pada area genital atau pruritus anogenital.

Kandungan Gentalex Krim seperti gentamisin sulfat dan fluosinolon asetonid  merupakan kortikosteroid yang dapat mengurangi peradangan (inflamasi). Gentamisin sulfat bekerja dengan mengganggu pembentukan protein bakteri dengan mengikat subunit ribosom 30S yang dapat mengakibatkan membran sel bakteri menjadi rusak. Fluosinolon asetonid bekerja dengan mengaktifkan zat alami di kulit untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal. Anda bisa mendapatkan Gentalex Krim dengan harga Rp 4.300 untuk kemasan isi 5 gram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *