Menu Close

Erlamycetin Tetes Mata untuk Glaukoma, Pahami Penyebabnya

erlamycetin tetes mata

Belakangan Anda sering merasa nyeri pada mata disertai adanya bayangan di sekeliling cahaya? Ketika becermin, Anda pun bisa cukup kaget karena melihat adanya perubahan pada bola mata yang seperti ditutupi kabut tipis. Bisa jadi, Anda tengah mengalami gejala glaukoma. 

Glaukoma merupakan gangguan penglihatan akibat terjadinya kerusakan saraf mata. Kerusakan ini umumnya dipicu oleh adanya tekanan yang cukup besar menimpa area saraf mata Anda. Sebagai penanganan awal, dokter umumnya akan meresepkan Erlamycetin tetes mata kepada Anda agar kondisi glaukoma tidak semakin parah. 

Penyebab dari glaukoma sendiri sangat beraneka. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari kerusakan saraf mata yang mengganggu penglihatan Anda tersebut. 

Cedera pada Mata 

Jika Anda pernah mengalami cedera yang cukup besar pada mata Anda, seperti mata Anda terkena pukulan ataupun kecelakaan yang menyebabkan mata terluka, Anda akan lebih mudah menderita glaukoma. Kerusakan saraf yang berujung pada glaukoma ini dipicu oleh adanya tekanan super besar akibat cedera mata yang akhirnya membuat fungsi saraf mata tidak optimal lagi., 

Sering Menggunakan Obat Tetes Mata  

Banyak obat tetes mata yang dijual bebas di pasaran dengan alasan hanya untuk meredakan mata merah ataupun membuat mata lebih terasa segar. Tapi, tahukah Anda, terlalu sering menggunakan obat tetes mata justru dapat menyeret Anda ke kondisi glaukoma. Pasalnya, penetesan obat tetes ke mata tanpa disadari memberi tekanan tambahan bagi mata. Erlamycetin tetes mata sendiri berada di pengecualian. Obat tetes ini justru bisa mencegah glaukoma bertambah pada karena telah dirancang khusus untuk mengatasi peradangan mata sehingga penggunaannya pun harus dengan resep dokter. 

Penderita Rabun Jauh dan Dekat 

Kondisi rabun jauh dan rabun dekat membuat tekanan pada mata semakin bertambah. Tidak jarang pada akhirnya, ini akan menimbulkan penipisan retina. Yang ujung-ujungnya apabila tidak ditangani dengan segera, Anda bisa saja mengalami glaukoma dan berujung pada kebutaan. 

Aliran Darah Tidak Lancar 

Aliran darah yang tidak lancar bukan hanya mampu menyeret Anda ke berbagai macam penyakit kronis, seperti serangan jantung maupun stroke. Aliran darah yang tidak lancar juga akan membuat tekanan pada mata terhambat. Inilah yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kondisi penglihatan Anda. Banyak pasien glaukoma yang ternyata memiliki masalah riwayat kesehatan yang membuat aliran darahnya tidak lancar, seperti kolesterol tinggi. 

Tekanan Darah Tinggi 

Berhati-hatilah apabila Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Jenis penyakit yang satu ini ternyata juga dapat memantik kemunculan kondisi glaukoma pada seseorang. Ini karena ketika tekanan darah tinggi terjadi terus-menerus, peradangan pada pembuluh darah sangat mungkin terjadi. Peradangan inilah yang membuat pembuluh darah menyempit dan aliran darah menjadi terhambat. Ujung-ujungnya, sudah tahu bukan akibat aliran darah yang tidak lancar itu apa? 

Penggunaan Obat Tertentu 

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa membuat risiko Anda mengalami glaukoma lebih tinggi. Jika Anda terbiasa menggunakan obat-obatan berjenis kortikosteroid secara berlebihan, bersiaplah jika pada suatu saat Anda akan divonis menderita glaukoma dan harus menggunakan Erlamycetin Tetes Mata secara rutin. Karena itu, selalu konsultasikan penggunaan obat kortikosteroid terlebih dahulu ke dokter dan jangan menyalahi dosis yang diberikan. 

Usia Tua 

Semakin tua usia seseorang, kemampuan lensa dan retina mata bisa menurun. Di samping itu, kondisi fisik yang memburuk pada akhirnya akan membuat tekanan pada mata semakin besar dan memicu glaukoma. Umumnya sendiri, glaukoma banyak menimpa orang-orang dengan usia 60 tahun ke atas. Meskipun tidak menutup kemungkinan, seseorang dengan usia lebih rendah juga bisa mengalami kerusakan saraf mata ini.

Pastikan Anda menggunakan Erlamycetin tetes mata secara teratur jika sudah diresepkan oleh dokter. Pasalnya jika kondisi glaukoma dibiarkan tanpa penanganan tepat, kebutaan menanti Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *